5 Ciri Khas Kopi Nusantara Khas Aceh

5 Ciri Khas Kopi Nusantara Khas Aceh

Salah satu kopi nusantara yang terkenal dan banyak diburu adalah kopi gayo khas Aceh. Kopi arabika khas Aceh ini menjadi varian kopi yang meninggalkan kesan dan sulit untuk dilupakan. Ditanam di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah, tanaman kopi ini berhasil menghasilkan biji kopi yang berkualitas tinggi dengan rasa serta aroma khas.

Ciri Kopi Gayo

Setiap jenis kopi memiliki ciri khas masing-masing. Baik dari segi rasa, aroma, bentuk biji, dan lain sebagainya. Berikut adalah 5 ciri khas kopi gayo yang perlu Anda ketahui.

1.     Punya Aroma Kuat

Saat pertama kali menyesap kopi, tentu Anda akan menikmati aromanya terlebih dahulu. Kopi gayo diketahui memiliki aroma yang sangat kuat. Kekuatan aroma ini bisa semakin optimal jika kopi diolah dan disajikan dengan teknik yang tepat.

Selain itu, lokasi penanaman kopi yang berada di tanah vulkanik juga ikut berpengaruh pada kuatnya aroma yang dikeluarkan oleh secangkir kopi gayo.

2.     Sensasi Rempah

Begitu Anda menghirup aroma dari kopi gayo, maka sensasi rempahnya begitu terasa. Ini merupakan salah satu ciri yang menjadikan kopi gayo disukai oleh banyak orang. Sensasi rempah ini begitu jelas dan sulit untuk ditemukan di varian biji kopi lainnya. Adanya sensasi rempah akan membuat kopi ini sangat cocok untuk dinikmati hangat saat cuaca dingin.

3.     Tingkat Keasaman

Setiap varian kopi punya tingkat asam sendiri-sendiri. Kopi nusantara khas Aceh ini memiliki tingkat keasaman yang tergolong sedang. Sebenarnya varian kopi yang satu ini aman-aman saja untuk dikonsumsi oleh orang yang tidak terbiasa minum kopi sebelumnya. Tingkat keasaman yang tidak terlalu tinggi akan membuat varian kopi ini masih bisa diterima dengan baik oleh siapa saja.

4.     Sensasi Rasa Tidak Seragam

Ternyata kopi gayo punya rasa yang cenderung tidak konsisten. Rasa yang dihasilkan oleh kopi ini cenderung bervariasi atau berubah-ubah. Hal ini dipengaruhi oleh lokasi penanaman.

Berbeda lokasi, ketinggian, serta cara budidaya akan membuat rasa kopi gayo menjadi berubah. Itulah mengapa rasa dari kopi ini cenderung berubah-ubah namun pada intinya tetap menggugah selera.

5.     Bersifat Clean

Kopi gayo biasa digunakan sebagai campuran house blend oleh para peracik kopi. Hal ini disebabkan oleh karakteristik kopi gayo yang cenderung clean. Ditambah dengan sensasi rasa rempah yang unik dan sifat clean tersebut, kopi gayo jadi salah satu varian terbaik yang bisa dikreasikan menjadi beragam jenis minuman yang menarik.

Itulah tadi ciri khas yang dimiliki oleh kopi nusantara khas Aceh. Kopi gayo ini menjadi jenis kopi arabika dengan mutu terbaik yang dapat Anda nikmati. Bahkan biji kopi gayo menjadi salah satu komoditas unggul yang berasal dari Aceh dan membuat lokasi asal kopi ini menjadi begitu populer.

Others