5 Tanda Anak Siap Lepas Diaper dan Toilet Training

5 Tanda Anak Siap Lepas Diaper dan Toilet Training

Pemakaian diaper memang sangat membantu aktivitas si kecil dan orang tua. Toko online yang jual Mamypoko sebagai salah satu produk diaper terbaik juga semakin mudah ditemukan. Hal ini sangat memudahkan para orang tua mendapat produk diaper yang bisa memberi kenyamanan anak mereka untuk beraktivitas.

Lepas Diaper

Pemakaian diaper tidak dilakukan secara terus-menerus. Pada usia tertentu, anak siap untuk lepas dari bantuan diaper dan menjalani toilet training. Berikut adalah 5 tanda yang menunjukkan bahwa anak Anda siap untuk melepas diaper dan belajar buang air di toilet sendiri.

1.     Popok Kering

Salah satu tanda anak Anda siap untuk melepas diaper adalah kondisi popoknya kering untuk waktu yang cukup lama. Misalnya, saat si kecil bangun di pagi hari dan popoknya kering. Orang tua juga bisa menghitung, apakah dalam waktu 1 hingga 2 jam popoknya masih kering. Ini menjadi tanda bahwa si kecil mulai bisa mengontrol hasrat buang air kecil.

2.     Anak Bisa Mengungkapkan Keinginan

Melepas diaper juga bisa dilakukan saat anak sudah bisa mengungkapkan keinginan. Anak sudah tahu seperti apa perasaan ingin buang air dan cara mengungkapkannya. Misalnya saat anak ingin buang air kecil, ia tahu harus berkata ‘pipis’ dan saat buang air besar ingin berkata ‘pupi’. Jika anak sudah bisa mengungkapkan keinginan tersebut meskipun memakai diaper maka bisa dipersiapkan untuk melepas diaper.

3.     Mulai Risih dengan Diaper

Tanda lain anak sudah siap untuk melepas diaper adalah ia mulai risih dengan diaper yang dipakai. Saat diaper sudah basah atau kotor misalnya, anak ingin cepat-cepat melepasnya. Namun, setelah ada tanda ini orang tua tetap bisa memakaikan diaper untuk si kecil. Tetap belanja diaper di tempat jual Mamypoko di toko online yang terpercaya.

4.     Ada Tanda Kemandirian

Anda bisa melihat apakah sudah ada tanda kemandirian pada anak atau belum. Misalnya anak sudah bisa membereskan mainan dan memilih baju sendiri. Ini merupakan tanda kemandirian dan orang tua bisa mulai melatih anak untuk melakukan toilet training.

5.     Ada Keteraturan Waktu Buang Air

Anak juga bisa segera melepas diaper apabila sudah memiliki keteraturan waktu saat buang air. Anda bisa mengamati jam berapa saja anak buang air. Ini bisa menjadi acuan untuk melakukan toilet training hingga si kecil bisa segera melepas diaper. Keteraturan waktu dalam buang air ini bisanya akan terus berlaku dan menjadi kebiasaan.

Itulah 5 tanda bahwa anak Anda sudah mulai bisa lepas dari diaper. Setelah lepas diaper, pastikan orang tua tetap mendampingi anak untuk melakukan toilet training. Perlengkapan toilet training juga bisa didapatkan lewat situs belanja perlengkapan bayi dan anak Orami Indonesia.

Parenting