Berikut Beberapa Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Berikut Beberapa Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Jika Anda mengevaluasi buah yang paling sering dimakan oleh ibu hamil, penelitian akan mengutamakan pisang. Kandungan kalium, kalsium dan nutrisi penting lainnya sayangnya membuat manfaat pisang untuk ibu hamil kurang. Apalagi pisang sangat mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Rasa pisang yang manis juga membuatnya digemari banyak orang. Pisang juga bisa dibuat menjadi masakan lain seperti pisang kukus, pisang goreng, atau diisi kolak.

Pisang aman dikonsumsi ibu hamil

Larangan makan bagi ibu hamil terkadang menyebabkan ibu hamil berpikir dua kali sebelum menentukan apa yang masuk ke tubuhnya. Memang sih, selama 9 bulan kehamilan, ada janin yang perlu diperhatikan.

Tapi tenang saja karena pisang adalah buah yang aman dikonsumsi ibu hamil. Padahal, manfaat pisang untuk ibu hamil bisa menyehatkan tubuh ibu.

Dianjurkan makan pisang dalam bentuk buah-buahan saat sudah matang. Jangan makan pisang sebelum matang atau terlalu matang.

Makan pisang dalam bentuk buah lebih baik dari pada pisang olahan seperti pisang goreng karena nutrisinya sudah tidak utuh lagi.

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil

Ibu hamil, tidak ada salahnya menambahkan pisang ke dalam menu makanan sehari-hari karena manfaatnya yang baik baik untuk ibu maupun janin. Beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil ialah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan asupan zat besi Anda

Terkadang kekurangan zat besi cenderung menyebabkan anemia. Bahkan bagi ibu hamil, janin harus memiliki aliran darah yang teratur untuk menjaga kesehatannya. Pisang mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh dan mengobati anemia selama kehamilan. Artinya pisang dapat membantu menjaga suplai nutrisi dan oksigen yang sangat penting bagi ibu hamil.

  1. Meredakan mual di pagi hari

Trimester pertama kehamilan bisa melelahkan, terutama bagi seseorang yang terus-menerus mengalami morning sickness. Meski disebut morning sickness, kenyataannya tidak hanya terjadi di pagi hari. Ketidaknyamanan ini, yang ditandai dengan mual, muntah, atau lemas, dapat terjadi kapan saja. Ibu hamil yang sering mengalami morning sickness bisa memilih pisang karena kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 secara signifikan dapat meredakan gejala mual di pagi hari.

  1. Mencegah kelahiran prematur

Kelahiran prematur akibat cacat lahir bawaan merupakan wabah bagi ibu hamil. Salah satu bahan pencegah kelahiran prematur dan kelainan bawaan adalah asam folat. Asam folat inilah yang berperan dalam pembentukan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Pisang sangat kaya asam folat dan dapat mencegah masalah dari kelahiran prematur hingga cacat lahir bawaan.

  1. Saluran pencernaan lebih lancar

Kandungan serat pada pisang juga sangat baik untuk pencernaan ibu hamil. Tak hanya itu, nilai gizi pisang untuk ibu hamil juga bisa menghilangkan pemborosan karena mencegah sembelit atau buang air besar tidak lancar. Dianjurkan makan pisang sekali sehari untuk melancarkan pencernaan, termasuk ke kamar mandi.

  1. Meningkatkan imunitas

Memang ada parasetamol untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi jika dibutuhkan. Tapi jika bisa menjaga kekebalan dan tetap sehat, kenapa tidak? Pisang yang kaya vitamin C merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Makan pisang secara teratur dapat meningkatkan kekebalan dan mencegah infeksi.

  1. Meningkatkan energi

Jika Anda merasa lembab saat hamil, cobalah makan pisang. Dapat dikatakan bahwa pisang merupakan sumber energi langsung berkat kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa. Konten ini juga membuatnya manis.

  1. Meredakan kram kaki

Kalium dalam pisang bisa membantu meredakan kram kaki yang sering dikeluhkan ibu hamil saat hamil. Tak hanya itu, kalium juga berperan penting dalam menstabilkan keseimbangan elektrolit dalam tubuh serta mampu membantu kinerja saraf dan juga otot.

  1. Menghilangkan bahaya radikal bebas

Ibu hamil disarankan mengonsumsi asupan vitamin C sekitar 80-85 mg per hari. Kaya vitamin C, pisang dapat dimanfaatkan oleh ibu hamil sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, membentuk kolagen pada tulang, otot, tulang rawan, kulit dan pembuluh darah. Tak hanya itu, kandungan vitamin C pada pisang juga mampu untuk memperbaiki jaringan dan penyembuhan luka dengan cepat.

  1. Meredakan Stres

Wajar jika ibu hamil merasa tertekan karena banyak perubahan yang dialaminya mulai dari perubahan tersebut.

Untuk lebih detail pembahasan hal ini Anda bisa mencari referensi di Orami Magazine dan mencari permasalahan Anda disana.

Lifestyle